Minggu, 29 Desember 2013

DEPRESI

DEPRESI
Depresi merupakan gangguan affektif atau alam perasaan yang sering terjadi pada lansia. Depresi dapat merusak kualitas hidup, meningkatkan resiko bunuh diri dan menjadi menutup diri. Orang yang megalami depresi tidak dapat mengontrol penyakitnya namun butuh intervensi profesional kesehatan.
Hal – hal yang melatarbelakangi terjadinya depresi pada lansia :
1. Perubahan / gangguan Fisik   .
Depresi sering mengisyaratkan adanya suatu penyakit organik, penyakit yang menunjukkan exaserbasi seperti DM,Hipertensi dan glaukoma, gangguan pembuluh darah yang progresif pada jantung dan otak,yang megancam serta membatasi hidup dapat menimbulkan reaksi takut, serta marah, sebaliknya reaksi emosional yang berlebihan dapat memperhebat penyakit sebelumnya,menurunnya potensi sexual ( fase exitasi memanjang ) namun pengalaman subjektif mengenai orgasme dan kenikmatan tetap ada.
            2. Kemunduran fungsi psikologik.meliputi :
                    a. fungsi Intelektual yang terdiri dari :
                        Kemampuan memecahkan masalah, pemahaman, daya Ingat,  pengambilan Keputusan belajar relatif menurun,Kemampuan pemecahan masalah menurun,Daya ingat jangka pendek menurun,
                    b. Fungsi afektif.
                      Adalah fungsi yang secara subjektif menghayati  sesuatu sebagai hal yang sangat  menyenangkan, tertarik, puas atau tidak. 
                      Terkait dengan perasaan indrawi (panas, dingin,manis, nyeri, pahit).  Perasaan vital (Haus, lapar,dll),   perasaan sayang(cinta, benci,dll).
                    c.  Fungsi Psikomotor.
Merupakan keinginan, kemauan, dorongan nafsu pada lansia umumnya bertambah kuat, sehingga dapat membahayakan diri sendiri.
         d. Kepribadian dan hubungan antar pribadi  pada usila dengan memiliki             kepribadian labil  maka akan semakin mengalami kecemasan jika mendapat stress
    3. Perubahan Struktur  Sosial dan Ekonomi
                    a. Perubahan pada pemukiman,  Perubahan dalam pola kehidupan                                      sebelumnya kemandirian dan ikatan kekeluargaan menjadi   menurun
                    b. Penciutan keluarga dari keluarga besar menjadi  keluarga kecil
                    c. Pensiun
                    d. Faktor kemiskinan memperbesar ketergantungan usia terutama kesehatan,   keamanan, ketenangan,  makan dan seterusnya
                    e. Kehilangan kaum kerabat merupakan stress 
                    f. Kelelahan psikis serta sikap keluarga dan masyarakat tidak menunjang
                    g. Berkurangnya minat  / rasa bosan
                    h. Perasaan isolasi dan perlakuan untuk mengisolasi karena kehilangan hubungan antar pribadi, menurunnya fungsi pasca indra  terus penglihatan  dan pendengaran

           .                        Perasaan aman dalam hal sosial dan ekonomi serta pengaruhnya terhadap semangat             hidup , rupanya lebih besar daripada keadaan badaniah dalam hal melawan depresi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar