Minggu, 29 Desember 2013

HAMBATAN SEKSUALITAS PADA USIA LANJUT

A.       Hambatan Aktivitas Seksualitas Pada Lanjut Usia
§  Hambatan Eksterna
1.       Pandangan siosial yang menganggap bahwa aktivitas seksualitas tidak layak lagi dilakukan oleh para lansia.
2.       Tantangan dari keluarga (anak-anak) dengan berbagai alasan.
3.       Karena peraturan dan ketadaan privacy di institusi (panti werdha)
§  Hambatan Interna
1.       Pribadi (psikologik) sehingga merasa tidak bisa dan tidak pantas untuk bisa menarik lawan jenisnya.
2.       Pandangan sosial dan keagamaan sehingga ditekan sedemikian rupa sehingga memberikan dampak pada hubungan seksual.
3.       Obat-obatan
4.       Disfungsi ereksi.
Aktivitas seksual mungkin terbatas karena ketidakmampuan spesifik, tetapi dorongan seksual, ekspresi cinta, dan perhatian tidak mengalami penurunan yang sama. Dari pada penurunan fungsi seksual diasumsikan dengan sakit, lebih baik perhatian difokuskan pada sesuatu yang masih mungkin dilakukan. Pengaruh psikososial dari ketidakmampuan pada umumnya mempunyai pengaruh yang lebih negatif pada fungsi seksual daripada gangguan fisik akibat ketidakmampuan itu sendiri. Mengembangkan kepercayaan diri dan membentuk ekspresi seksual yang baru dapat banyak membantu pada lansia yang mengalami ketidakmampuan seksual.
Artritis dengan deformitas pada sendi, memungkinkan terjadinya kontraktur dan nyeri, kanker dengan nyeri dan komplikasi operasi, kemoterapi dan radiasi, gangguan neuromuskuler yang menyebabkan atropi otot, tonus yang tidak normal, dan gerakan yang tidak normal dapat menyebabkan lansia merasa kurang menarik dan tidak mempunyai daya tarik seksual. Perasaan negatif yang

menghambat pengembangan emosi dan fisik. Beberapa Penyakit dihubungkan dengan penurunan daya tahan tubuh atau nyari dapat menyebabkan gangguan seksual dan aktivitas. Penyakit kronis dapat mengakibatkan ketakutan dan menghalangi dorongan aktivitas seksual. Ketakutan dan persepsi negatif ini harus diatasi sehingga lansia dapat menikmati kehidupan/hubungan seksualnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar