PROPOSAL PROGRAM BERMAIN
Nama Pasien :
An. AD
Usia : 9 thn
Diagnosa Medik :
Limfoma Maligna Non Hodgkin
Tingkat
Perkembangan :
1.
Perkembangan Kognitif
a.
Menurut teori :
·
Pemikiran anak menjadi sangat
abstrak dan simbolik, kemempuan membentuk representasi mental dibantu oleh
kepercayaan pada akal sehat penglihatan
·
Mempertimbangkan sejumlah
alternative dalam menentukan pemecahan terbaik
·
Dapat menyebutkan waktu
·
Dapat berfokus pada lebih dari
satu aspek dari situasi
(Cecily. L Betz, Linda A. Sweden, 2002)
·
Kapasitas melakukan informasi,
mereka lebih superior dalam hal kapasitas proses informasi
·
Pengetahuan domain spesifik,
semasa kecil mereka akan menimbun/menyimpan pengetahuan yang makin lama makin
terorganisasi dalam berbagai bidang
·
Berpikir kuantitatif
·
Sentuhan rasa kompetitif,
dengan meningkatnya umur, anak akan semakin tertarik bahwa berpikir merupakan
suatu pertandingan
·
Peningkatan kemampuan yang ada,
anak laki-laki tampil lebih baik untuk kemampuan matematik, sedangkan anak
perempuan lebih menonjol dalam kemampuan verbal.
(A. H. Nasution, 1999)
b.
Kondisi klien :
·
Pemikiran menjadi sangat
abstrak, mempertimbangkan sejumlah alternative yang akan dilakukan
·
Dapat menyebutkan waktu
·
Mampu berfokus lebih dari satu
aspek
·
Peningkatan kemampuan dalan hal
matematika dan verbal
2.
Perkembangan psikososial
a.
Menurut teori :
·
Tugas perkembangan : belajar
mengembangkan rasa keadekuatan terhadap kemampuan dan kompetisi pada anak,
kesempatan untuk belajar dan interaksi social bertambah, anak akan berusaha
untuk berhasil dan sekolah
·
Krisis perkembangan : anak
dalam bahaya akibat perkembangan rasa rendah diri jika tidak merasa kompeten
dalam keberhasilan pencapaianan tugas
·
Bermain : anak menikmati
aktivitas santai bersama teman sebaya, dan cenderung memisahkan diri dari lawan
jenis.
·
Harapan orang tua, guru,
pelatih, dan para tokoh agama memberi dampak terhadap prilaku anak.
(Cecily. L Betz, Linda A. Swedwn, 2002)
b.
Kondisi klien :
·
Klien mau belajar mengetahui
sesuatu yang ia tidak ketahui
·
Selalu merasa bosan karena
tidak ada teman bermain, dan mencari teman untuk diajak bermain bersama.
3.
Perkembangan psikoseksual
a.
Menurut teori :
·
Focus tubuh : masalah seksual
menjadi tidak disadari
·
Tugas perkembangan : integrasi
bertahap dari pengalaman dan reaksi seksual yang lalu
·
Peningkatan diskusi dengan
teman sebaya tentang topic seksual, memisahkan jenis kelamin dalam aktivitas
permainan
·
Kesadaran tinggi tentang
perlindungan seksual, minat berkencan dalam berhubungan dengan lawan jenis pada
sejumlah anak
b.
Kondisi klien :
·
Malu terhadap lawan jenis
·
Kesadaran tinggi terhadap
perlindungan seksual
Jenis Permainan : menghitung(matematik)untuk
perkembanghaman kognitif
Tujuan :
Setelah mengikuti permainan ini klien kemampuan berhitung
klien bertambah(kemampuan kognitif).
Alat yang
digunakan : - kertas
- pulpen atau pensil
Aturan main :
·
Anak akan diberikan beberapa pertanyaan
·
Kemudian anak menjawab semua
pertanyaan tersebut dalam kotakm yang disediakan
·
Pertanyaan tersebut berupa
perhitungan, jadi sebelum dujawab pada kotak, anak harus mencari terlebih
dahulu hasilnya di kertas yang telah disediakan
·
Anak harus bias menjawab semuan
soal dalam kotak tersebut dengan benar
Peserta : An. AD
Pembimbing : Ida Djafar
Ibu klien
Observer : Syahrul Said
Waktu : 30 menit

![]() |
|||||
![]() |
|||||
![]() |
Keterangan : 1 =
orang tua klien
2 = pembimbing
3 = observer
4 = klien

Hasil : 1. Klien dapat menjawab pertanyaan dengan benar
sesuai waktu yang disediakan
2. Klien mampu mempertahankan kemampuan berhitungnya(kognitifnya)
Model permainan
Dapatkah adik
membantu menulis harga menu di dalam kotak ajaib ini?
Sebelumnya lihat
dulu catatan yang ada di bawah daftar menu, ayo!!!
|
MENU
|
|
|
Steak
|
Rp………..
|
Spagetti
|
Rp. ……...
|
Fried Chicken
|
Rp. ………
|
|
|
Pizza
|
Rp. ………
|
Chese Burger
|
Rp. ………
|
1 tusuk sate
|
Rp. 1.500
|
Crepes
|
Rp. ……….
|
Pertanyaan :
1.
Harga fried chicken sama dengan
harga sepotong chese burger ditambah sepiring spaghetti
2.
Harga 10 tusuk sate sama dengan
harga sepotong pizza
3.
Harga fried chicken 1,5 kali
harga pizza
4.
Harga sepotong pizza dan 2
tusuk sate sama dengan harga 2 chese burger
5.
Harga steak dan 1 tusuk sate
sama dengan harga fried chicken dan 3 tusuk sate
6.
Harga sebuah crepes setengah
dari harga steak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar