PROSES KEPERAWATAN
Pendekatan
yang berorientasi pada penyelesaian masalah dengan menggunakan metode ilmiah
yang sistematis untuk mengkaji dan mendiagnosa status kesehatan klien.
Merumuskan
tujuan yang ingin dicapai , menentukan intervensi dan dievaluasi mutu dan hasil
asuhan keperawatan.
Tujuan
proses keperawatan :
1. Kerangka
kerja
2. pendekatan
sistematis
3. Individual
4. tujuan
berorientasi pada klien
5. mekanisme
komunikasi
6. berorientasi
pada kompetensi perawat
I. Pengkajian
Ø Aspek
fisik dan psikososial
Ø Gambaran
menyeluruh
Ø Reaksi
anak
Ø Aspek
:
1)
Data demografi
2)
Riwayat terdahulu
3)
Kegiatan kehidupan sehari-hari
4)
Fisik
5)
Status mental
6)
Hubungan interpersonal
7)
Riwayat personal dan keluarga
II.
Perencanaan
ü
Tujuan Asuhan Keperawatan :
1.
modifikasi proses intrapsikis
2.
Perubahan interaksi kelompok sebaya
3.
Perubahan fungsi keluarga
4.
Modifikasi penyesuaian sekolah anak
5.
Perubahan lingkungan anak
ü
Tujuan di unit perawatan jiwa
1.
Kebutuhan emosi
2.
mengurangi ketegangan
3.
menjalin hubungan positif
4.
mengembangkan identitas diri
5.
Mengurangi tahapan perkembangan
6.
Meningkatkan komunikasi
7.
mencegah menyakiti diri dan orang lain
8.
memelihara Kesehatan fisik
9.
Meningkatkan uji coba realitas
III.
Implementasi
ü Terapi
Bermain
ü Terapi
kelompok
ü Terapi
individu
ü Terapi
lingkungan
ü Terapi
keluarga
ü Psikofarmakologi
ü Pendidikan
pada orang tua
IV. Evaluasi
ü
Fokus pada perubahan perilaku anak
ü
Hal-hal yang dievaluasi :
1. Efektifitas
intervensi
2. Kemampuan
berhubungan dengan orang lain
3. Kemampuan
melakukan asuhan mandiri
4. kemampuan
memanfaatkan sumber
5. Respon
terhadap peraturan dan rutinitas
6. Status
mental menyeluruh
7. Koordinasi
dan rencana pemulangan
2.
LANDASAN
TEORITIS PERAWATAN JIWA REMAJA
v
Teori perkembangan : Freud, Erikson,
dan Sullivan
·
Perkembangan identitas diri
Ø Rasa
percaya
Ø Rasa
otonomi
Ø Rasa
inisiatif
Ø Rasa
industri
v
Teori interaksi humanistic
|
Perilaku
Hal
hal yang perlu diperhatrikan perawat :
Ø
Arti perilaku bagi remaja
Ø
Ungkapan remaja tentang perilakunya
Ø
Dampak masalah pada remaja
Ø
Pengaruh perubahan terhadap remaja dan
hubungannya
Ø
Tujuan jangka pendek dan jangka
panjang
Ø
Kekuatan personal
Ø
Pertimbangan perawat dan remaja
PROSES
KEPERAWATAN PADA REMAJA
I.
Pengkajian
Ø
Observasi dan interpretasi pola
perilaku
Ø
Informasi :
1. Tumbuh
kembang
2. Biofisik
(penyakit, kecelakaan)
3. Emosi
(Status mental)
4. Sosial
budaya, ekonomi, agama
5. Kehidupan
sehari-hari
6. Pola
penyelesaian masalah
7. Pola
interaksi
8. Persepsi
kepuasan terhadap kesehatan
9. Tujuan
kesehatan
10. Lingkungan
(fisik, emosi, ekologi)
11. Sumber
materi dan nara
sumber)
Ø
Masalah-masalah pada remaja
o
Body image
o
Identitas diri
o
Kemandirian
o
Seksualitas
o
Peran social
o
Perilaku seksual
o
Hypochondriasis
o
Minggat
o
Terlibat obat
o
Ide bunuh diri
o
Diet, makan
Ø
Komunikasi
1. Ekspresi
kasar dan nonverbal
2. Bahasa
sendiri
3. Ucapan
kotor
4. “Cues”
(perilaku, berpakaian, lingkungan)
II.
Perencanaan
Ø
Mewmbedakan perilaku adaptif dan
maladptif
Ø
Mengidentifikasi respon maladaptive
Ø
Menentukan masalah berdasarkan
perilaku
Ø
Menentukan tujuan jangka pendek dan
panjang (perhatikan kekuatan remaja)
Ø
Tinjauan renpra berkala
III.
Implementasi
1. Pendidikan pada remaja dan orang tua
2.
Terapi keluarga
3.
Terapi kelompok
4.
Terapi Individu :
Ø Teknik
diam
Ø Rahasia
Ø Negativistik
Ø Resistens
Ø Berdebat
Ø Membawa
teman
IV.
Evaluasi
Ø Perawat
tidak memihak
Ø Remaja Impulsif dan menghambat
terapi
Ø Lambat Perlu perhatian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar