Rabu, 18 Desember 2013

PROSES KEPERAWATAN JIWA ANAK DAN REMAJA






                        PROSES KEPERAWATAN

      Pendekatan yang berorientasi pada penyelesaian masalah dengan menggunakan metode ilmiah yang sistematis untuk mengkaji dan mendiagnosa status kesehatan klien.
Merumuskan tujuan yang ingin dicapai , menentukan intervensi dan dievaluasi mutu dan hasil asuhan keperawatan.

Tujuan proses keperawatan :
1.       Kerangka kerja
2.       pendekatan sistematis
3.       Individual
4.       tujuan berorientasi pada klien
5.       mekanisme komunikasi
6.       berorientasi pada kompetensi perawat


       I.      Pengkajian

Ø  Aspek fisik dan psikososial
Ø  Gambaran menyeluruh
Ø  Reaksi anak
Ø  Aspek :
1)       Data demografi
2)       Riwayat terdahulu
3)       Kegiatan kehidupan sehari-hari
4)       Fisik
5)       Status mental
6)       Hubungan interpersonal
7)       Riwayat personal dan keluarga

   II.        Perencanaan
                       
ü   Tujuan Asuhan Keperawatan :
1.           modifikasi proses intrapsikis
2.           Perubahan interaksi kelompok sebaya
3.           Perubahan fungsi keluarga
4.           Modifikasi penyesuaian sekolah anak
5.           Perubahan lingkungan anak
ü   Tujuan di unit perawatan jiwa
1.           Kebutuhan emosi
2.           mengurangi ketegangan
3.           menjalin hubungan positif
4.           mengembangkan identitas diri
5.           Mengurangi tahapan perkembangan
6.           Meningkatkan komunikasi
7.           mencegah menyakiti diri dan orang lain
8.           memelihara Kesehatan fisik
9.           Meningkatkan uji coba realitas

  III.        Implementasi

ü  Terapi  Bermain
ü  Terapi kelompok
ü  Terapi individu
ü  Terapi lingkungan
ü  Terapi keluarga
ü  Psikofarmakologi
ü  Pendidikan pada orang tua

    IV.      Evaluasi

ü  Fokus pada perubahan perilaku anak
ü  Hal-hal yang dievaluasi :
1.       Efektifitas intervensi
2.       Kemampuan berhubungan dengan orang lain
3.       Kemampuan melakukan asuhan mandiri
4.       kemampuan memanfaatkan sumber
5.       Respon terhadap peraturan dan rutinitas
6.       Status mental menyeluruh
7.       Koordinasi dan rencana pemulangan

2.   LANDASAN TEORITIS PERAWATAN JIWA REMAJA

v   Teori perkembangan : Freud, Erikson, dan Sullivan
·         Perkembangan identitas diri
Ø   Rasa percaya
Ø   Rasa otonomi
Ø   Rasa inisiatif
Ø   Rasa industri
v   Teori interaksi humanistic


v  Dampak tahapan perkembangan
v  Sosial Budaya                                                            
v  Pengaruh keluarga
v  Konflik psikodinamika

 
 
                                                                                                 
                                                                         Perilaku
                                                                                                                     



Hal hal yang perlu diperhatrikan perawat :
Ø   Arti perilaku bagi remaja
Ø   Ungkapan remaja tentang perilakunya
Ø   Dampak masalah pada remaja
Ø   Pengaruh perubahan terhadap remaja dan hubungannya
Ø   Tujuan jangka pendek dan jangka panjang
Ø   Kekuatan personal
Ø   Pertimbangan perawat dan remaja

PROSES KEPERAWATAN PADA REMAJA

          I.        Pengkajian

Ø   Observasi dan interpretasi pola perilaku
Ø   Informasi :
1.       Tumbuh kembang
2.       Biofisik (penyakit, kecelakaan)
3.       Emosi (Status mental)
4.       Sosial budaya, ekonomi, agama
5.       Kehidupan sehari-hari
6.       Pola penyelesaian masalah
7.       Pola interaksi
8.       Persepsi kepuasan terhadap kesehatan
9.       Tujuan kesehatan
10.    Lingkungan (fisik, emosi, ekologi)
11.    Sumber materi dan nara sumber)
Ø   Masalah-masalah pada remaja
o   Body image
o   Identitas diri                                            
o   Kemandirian                                                                        
o   Seksualitas
o   Peran social
o   Perilaku seksual
o   Hypochondriasis
o   Minggat
o   Terlibat obat
o   Ide bunuh diri
o   Diet, makan

Ø   Komunikasi
1.       Ekspresi kasar dan nonverbal
2.       Bahasa sendiri
3.       Ucapan kotor
4.       “Cues” (perilaku, berpakaian, lingkungan)

        II.        Perencanaan

Ø   Mewmbedakan perilaku adaptif dan maladptif
Ø   Mengidentifikasi respon maladaptive
Ø   Menentukan masalah berdasarkan perilaku
Ø   Menentukan tujuan jangka pendek dan panjang (perhatikan kekuatan remaja)
Ø   Tinjauan renpra berkala

      III.        Implementasi

1.       Pendidikan pada remaja dan orang tua
2.           Terapi keluarga
3.           Terapi kelompok
4.           Terapi Individu :
Ø    Teknik diam
Ø    Rahasia
Ø    Negativistik
Ø    Resistens
Ø    Berdebat
Ø    Membawa teman

      IV.        Evaluasi

Ø   Perawat tidak memihak
Ø   Remaja                      Impulsif dan menghambat terapi
Ø   Lambat                       Perlu perhatian
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar