Rabu, 18 Desember 2013

ANALISIS PROSES INTERAKSI



ANALISIS PROSES INTERAKSI


Nama                          : Tn. BA                                                                                             Hari/tgl           : Selasa, 08-04-2003
Umur                          : 22 tahun                                                                                           Waktu           : 11.00-11.15
Interaksi                     : Ke III(fase Kerja)                                                                           Tujuan           : Seteleh intervensi keperawatan Klien       
                                                                                                                                                                          dapat mengetahui  pentingnya kebersihan diri.
                                                                                                                                                                                       
Lingkungan               : Tenang, tidak ada klien yang lalu lalang, posisi agak menyamping dengan klien  duduk disamping tempat tidur
                                      Di R. Observai C R. Nyiur
Deskripsi                    : Penampilan K  agak bersih, rambut tidak disisir, kaos yang dugunakan kelihatan bersih  tapi sedikit basah


Komonikasi Verbal

Komonikasi Non Verbal

Analisa Berfokus Pada Klien

Analisa berfokus pada perawat

Rasional

P:Selamat pagi adik B, Bagaimana perasaannya hari ini?



K: Pagi Pak., …. Biasa saja pak



P: Setelah mandi Adik B kelihatan segar


K: Iya Pak…


P: Adik B, Pagi ini kita akan bicarakan tentang  manfaat dari kebersihan diri , waktu 15 menit
Bagaimana  menurut adik B…..?

K: Iya pak,  boleh…..


P: Adik B,   Kebersihan diri kita itu sangat  penting, karena kalau  kita bersih maka kita akan terhindar dari penyakit  dan dengan sendirinya badan kita akan sehat.

K: Iya Pak…..



P: Adik B, yang dimaksud dengan bersih itu adalah badan  harus bersih supaya tidak bau, rambut harus bersih, gigi harus bersih supaya tidak ada bau mulut, dan baju harus rapih dan tidak bau.iya kan adik B

K: Iya Pak…….



P: Kalau menurut adik B sendiri kebersihan itu seperti apa ?.....


K: Seperti yang dikatakan Bapak tadi yaitu : badan , gigi,rambut harus bersih dan pakaian  yang kita pakai harus bersih dan tidak bau.

P : Adik B, Supaya badan kita selalu bersih maka, Adik B harus mandi 1 hari dua kali yaitu pagi dan sore hari, kemudian mandi harus pakai sabun, rambut 3 hari sekali harus dicuci  pakai sampo, gigi harus digosok setelah selesai makan  dan   pakaian yang kita pakaian kalau sudah kotor atau bauh harus diganti

K: Iya pak… , tapi  sekarang saya tidak menggosok gigi karena tidak ada sikat , odol gigi, dan  saya  pakai baju ini karena disini saya tidak punya baju lagi

P: Kalau begitu,  jika Bapak datang menjenguk , kasi tahu sama Bapak untuk membawa odol, sikat gigi , sabun mandi.  Dan pakaian atau kaos yang bersih

K: Iya pak…..


P: Adik B, sesuai dengan janji kita tadi, Karena pertemuan kita sudah 10 menit maka, pertemuan kita sampai disini dulu nanti sebentar  jam 13.15  kita ketemu lagi disini. Sebentar kita akan membicarakan tentang keuntungan berhubungan dengan orang lain.  Saya berharap apa yang kita bicarakan tadi Adik B bisa melaksanakannya

K: Iya Pak, terima kasih.


P: Selamat siang…..
K: selamat siang……









P: Tersenyum ,  duduk disamping klien
K:  Klien   melihat  P  kemudian menunduk

P: Tetap tersenyum
K: Menatap P dan memperbaiki posisi duduk

P: Tersenyum  menatap K
K:Memainkan jari-jarinya


P: Tetap tersenyum
K: Menatap P sambil tersenyum

P: Melihat kea rah K
K: Menatap P


P: Tersenyum
K:Menganggukan kepala

P: Tetap ramah
K: Sambil menganguk-angguk



P: Menatap K
K: Mengangguk dan menatap P

P: Tetap ramah nada suara datar
K: Mengangguk




P: Tersenyum
K: Menatap wajah P


P : Melihat kea rah K
K: menunduk


P: Melihat kearah K dengan senyum
K: Melihat  kerah P 


P:Tersenyum memandang K
K:Menganguk








P: Tersenyum
K: menunjuk kearah dirinya


P: Melihat kearah K
K: Menatap P




P: Tersenyum
K: Menganguk

P: Menepuk  bahu K
K: Tersenyum  sambil memandang P







P: Tersenyum
K: Menganguk

P: Tersenyum  kearah K
K: Menganguk









ANALISA  PROSES INTERAKSI


Nama                          : Tn. BA                                                                                             Hari/tgl           : Kamis, 17-04-2003
Umur                          : 22 tahun                                                                                           Waktu           : 13.00-13.15
Interaksi                     : Ke IV (terminasi)                                                                            Tujuan           : Seteleh intervensi keperawatan Klien       
                                                                                                                                                                          dapat  menerima perpisahan secara wajar.
                                                                                                                                                                                       
Lingkungan               : Tenang, tidak ada klien yang lalu lalang, posisi agak menyamping dengan klien  duduk atas tempat tidur
                                      Di R. Observai C R. Nyiur
Deskripsi                    : Penampilan K  agak bersih, rambut tidak disisir, kaos yang dugunakan kelihatan bersih  tapi sedikit basah


Komonikasi Verbal

Komonikasi Non Verbal

Analisa Berfokus Pada Klien

Analisa berfokus pada perawat

Rasional

P:Selamat siang adik B, Bagaimana perasaannya hari ini?



K: Pagi Pak., …. Pak Ir belum pulang?




P: Apakah adik B masih mengingat perjanjian kita tadi pagi




K: Iya Pak…Bapak hari sabtu besok kan terakhir disini?



P:Ya … Benar  Adik B ,Hari sabtu besok saya  saya sudah tidak disini lagi. Sekarang pertemuan yang terakhir saya ingin tahu dari adik B  selama  pertemuan  kita kemmpuan  apa saja yang adik B dapatkan?...


K : Saya sudah  tahu  manfaat berhubungan dengan orang lain




P : Ya.. Bagus Adik B … Adik masih mengingat semuanya, apakah adik B sudah mempraktekkan nya?




K : Sudah Pak..  Cuma kadang-kadang saya masih merasa malu dan takut ….





P :  ya… saya paham, Cuma adik B  tidak perlu merasa diri rendah atau malu, karena semua orang itu sama.

K : Iya …pak, saya akan berusaha



P : Adik… B selama ini saya sudah merawat adik  kurang lebih 2 minggu, menurut adik apakah ada manfaatnya  bagi adik ?

K : Ya… pak, saya sekarang sudah tahu manfaat  dari kebersihan diri bagi kesehatan, saya sudah memahami manfaat berhubungan dengan orang lain. Pokoknya  banyak pak…

P : Baiklah …. Sekarang adik banyak kemajuan, setelah hari Sabtu saya sudah tidak ke mari lagi,



K  ; Berarti bapak Irham sudah tidak merawat saya lagi  ?


Ya… terima kasih
Ya… Pak

P : Ya… terima kasih kembali  selamat siang Adik B….













P: Tersenyum ,  duduk disamping klien
K:  Klien  menoleh ke arah perwat  tanpa ekspresi

P: Memegang pundak 
K: Menatap P dan memperbaiki posisi duduk


P: Kontak mata, bicara pelan
K:Kontak mata cukup, mengerutkan dahi


K: Kontak mata tanpa ekspresi, bicara pelan.
P: Kontak mata mengati non verbal klien

P: Kontak mata, bicara keras bernada memohon

K: Kontak mata singkat menunduk



K : Kontak mata lama, bicara lancar
P: Kontak mata , mengamati nonverbal


P: Mengancungkan jempol, kontak mata tersenyum
K: Kontak mata, memperhatikan perawat , tersenyum


K : Kontak mata lama, bicara lancar
P : Kontak mata  mengamati non verbal klien



P : kontak mata, tersenyum, bicara datar
K : Kontak mata.

K : kontak mata bicara lancar , menunduk
P :  Tersenyum, kontak mata.
P : kontak mata
K ; kontak mata menunduk



 K: kontak mata, bicara lancar, tersenyum
P : tersenyum, kontak mata



 P : Kontak mata, bicara pelan,  tersenyum
K : kontak mata  mengamati P,  menunduk nampak sedih.

K : Kontak mata bicara lancar,  nampak sedih


P : kontak mata mengamati non verbal klien

P : kontak mata,  berdiri, mengulurkan tangan



Memberikan respon untuk berinteraksi

Menerima tawaran  interaksi









Dapat mengingat isi kontrak






Mencoba berfikir untuk mengingat jawaban pertanyaan P


Dapat mengingat banyak  tentang kemampuan yang dimiliki










Berbicara  agak ragu, kurang percaya diri









Keinginan untuk selalu berhubungan dengan orang lain






Bangga dapat mengungkapkan makna berhubungan





Menyadari arti perpisahan



Dapat menerima perpisahan dengan realistis





Dapat menerima  perpisahan

























Senang berharap  interaksi berjalan sesuai rencana



Mengharap klien mau dan mengingat kontrak



Memberikan kepercayaan kepada klien  untuk berfikir bahwa  interaksi bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan klien untuk mengingat





Mengevaluasi kemampuan klien






Senang  dapat mengingat secara kognitif




Memberikan pujian atas kemampuan klien







Percaya klien sudah mempunyai dasar  pengetahuannya   uttuk berhubungan dengan orang lain
Berupaya untuk meningkatkan   rasa percaya diri klien.





Berharap selama pertemuan mendapat tanggapan  yang bermakna bagi klien








Berharap Klien  dapat menerima perpisahan secara realistis







Senang klien dapat menerima prpisahan secara realistis
Senang interaksi dapat berlangsung sesuai dengan kontrak



Ucapan salam sebagai tanda awal  dari terjadinya hubungan saling percaya.













Klien menyadari pertemuan terakhir



Evaluasi kemampuan klien  untuk menilai keberhasilan  selama interaksi penerapan askep




Kemampuan klien mengingat harus dipertahankan



Pujian dapat menimbulkan rasa percaya diri  dan dapat mempertahankan  kemampuan.










Motivasi  yang positif  meningkatkan harga diri klien





Mengevaluasi makna berhubungan  dapat menilai realitas berhubungan  bagi klien

Menilai makna berhubungan depat  menambah rasa percaya diri  dan evaluasi diri.


Mengungkapkan terminasi dapat mengungkapkan  bagi klien bahwa  setiap ada pertemuan pati ada perpisahan.

Perpisahan yang realistis dapat mempertahankan  hubungan interpersonal  antara perawat klien



Terminasi yang disepakati dapat mempertahankan hubungan.




























ANALISIS PROSES INTERAKSI

Nama                          : Tn. FR                                                                                                         Hari/tgl           : Kamis, 03-04-2003
Umur                          : 47 tahun                                                                                                       Waktu           : 11.00-11.15
Interaksi                     : Ke II  (fase Kerja)                                                                                       Tujuan          : Seteleh intervensi keperawatan Klien       
dapat mengidentifikasi kemampuan yang dimilikinya, dan mengidentifikasi kebutuhannya                                                                                                                                                   
Lingkungan               : Tenang, tidak ada klien yang lalu lalang, posisi berhadapan
                                      Di kursi makan Ruang Kenari          
Deskripsi                    : Penampilan K rapi, mempergunakan kopiah, rambut disisir
                                      Mempergunakan kaca mata.



Komonikasi Verbal

Komonikasi Non Verbal

Analisa Berfokus Pada Klien

Analisa berfokus pada perawat


Rasional

P:Assalamualaikum, Pak. FR?





K: Waalaikum salam, Pak Irham.






P: Apa yang Pak FR rasakan saat ini





K: Biasa-biasa saja Pak



P: Pak FR, hari ini kelihatan lebih  baik

K: Iya pak, saya tadi malam tidur enak sekali sampai tadi subuh baru bangun dan melaksanakan shalat subuh.

P: Apakah Pak FR masih merasa kesal  dengan teman-teman kemarin yang selalu mengejek bapak  ?

K: Iyaak. Saya kalau mereka Cuma menghina diri saya tidak ada masalah tapi kalau sudah menghina agama saya,  matipun  saya rela.

P : Pak FR. Jangan terlalu menghiraukan apa yang dikatakan mereka, yang penting sekarang pak FR. Harus lebih bersikap sabar,  dan kalau mereka memulai alangkah baiknya Pak FR jauhi mereka. Karena tidak ada gunanya melayani pembicaraan mereka.

K: Iya pak saya akan  berusaha


P : Biasanya kalau saat sepert ini apa yang Pak FR lakukan di Rumah?


K : Biasanya pagi setelah subuh saya mandi  kemudian duduk-duduk, shalat dhuha dan mengaji. Saya tidak mengerjakan sawah lagi karena  sudah dikerjakan oleh si Adi anak saya.

P : Kalau begitu, bisakah  bapak lakukan seperti itu di sini  di RS.?...


K :  bisa pak, Cuma disini tempatnya kurang bersih  dan agak gaduh.

P : Kalau begitu  Bapak bisa lakukan itu di mesjid pada waktu shalat tapi sebelumnya minta izin dengan perawat di sini.

K : Insya Allah saya akan coba sebentar siang waktu dhuhur.

P : Kalau sebentar waktu dhuhur saya kesini jemput pak FR dan kita sama-sama ke mesjid .
Pak FR. Hari ini pertemuan kita sampai disini  dulu,  nanti    Sebentar jam 13.15   setelah makan siang  kita lanjutkan lagi pembicaraan kita .
Sebentar Pak FR. Mau cerita apa
Bagaimana kalau kita bercerita tentang  hal-hal yang bapak butuhkan sekarang .

K : Iya ,,pak , terima kasih.
  P: Assalamualaikum ….
K : Waalaikum salam.





P: Menghampiri klien, tersenyum dan menjabat tangan klien
K Klien tersenyum sambil melihat pada P

P: Tetap tersenyum sambil mengulurkan tangan
K: Menjabat tangan perawat  dan mencium tangan P.

P: Sambil duduk berhadapan dengan klien
Berbicara dengan nada suara  rendah  dan jelas
K: Menetap ke arah P sambil tersenyum

P: tetap tersenyum ke arah K
K: Menatap P

P: Melihat kea rah K
K: Menatap P

P: tetap melihat kearah K
K: menganguk sambil memperbaiki kaca mata


P: Tersenyum menatap K
K:Melihat kea rah P


P: Tetap memandang K
K: ekspresi wajah kesal, kening berkerut.


P: Melihat ke arah  klien
K: Melihat ke arah jendela






P: Tersenyum
K:Mengangguk

P: tetap memandang K.
K: Menatap wajah P sambil menggerakan tangannya

P : Tersenyum
K: Memandang ke arah perawat 




P:tetap tersenyum memandang K.
K: memainkan jari-jarinya
P:  tetap tersenyum
K: menunjuk ke arah sudut ruangan

P: tersenyum sambil mengarahkan pandangan kea rah salah satu petugas R. Kenari.
K: melihat kea rah  P
P: tetap tersenyum
K: mengangguk

P: memandang kearah K dan  mengarahkan telunjuk keluar
K: melihat kearah tangan P.








P: Tersenyum
K: menjabat tangan P






K  menerima kehadiran perawat















Berfikir bahwa ia tidak mengalami perubahan





Mampu menyampaikan kebutuhan  yang ia rasakan  sudah terpenuhi






Perasaan  kesal  menimbulkan rasa tidak nyaman











Mengerti apa yang disampaikan  P






K  kelihatnya dapat mengingat kebiasaannya









 Mengenal realitas tempat







Memahami apa yang disampaikan  olah P






Penuh percaya diri  dan senang bertemu dengan klien









Berusaha mengetahui kebutuhan yang harus segara  dipenuhi saaat ini








Mengharapkan K lebih bersemangat






Ingin melihat penilaian pasien terhadap lingkungan.






Memberikan   dukungan  agar K melupakan  pengalaman yang tidak menyenangkan








Mengharapkan K bersedia menyampaikan kebiasaannya .









Mengharapkan K mau melakukan kebiasaannya di RS





Mengarahkan pasien pada kesan penghargaan pada orang lain.





Mengharapkan klien mengenal kemampun dan  kebiasaan dirinya.


Pada awal interaksi harus didahului atau dimulai dengan  membina hubungan saling percaya








Pertanyaan terbuka memberi kesempatan klien  untuk menentukan arah pembicaraan







Reinforcement meningkatkan harga diri  dan mendorong pengulangan perilaku yang diharapkan



Membantu pasien  mengenal realitas lingkungan 






Memenuhi kebutuhan rasa nyaman pasien










Identifikasi aktifitas klien  untuk mengetahui  salah satu penyebab waham









Kebiasaan positif  untuk membentu mengurangi waham





Memberikan rasa kepercaayaan terhadap diri dan orang lain





Interaksi dengan lingkungan dan orang lain  menyadarkan K pada realitas dan mengurangi wahamnya








Tidak ada komentar:

Posting Komentar