Rabu, 18 Desember 2013

TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK ORIENTASI REALITAS



SESI   I   : PENGENALAN ORANG

 


A.    Landasan teori
Klien dengan penurunan fungsi memori atau pada menjelang lansia terjadi penurunan fungsi organ khususnya penurunan  daya nilai realita (reality test ability). Klien tidak lagi mengenali tempat, waktu, dan orang-orang di sekitarnya. Hal ini menimbulkan dapak klien merasa asing dan bisa mencetus terjadinya ansietas pada klien.
Untuk menanggulangi hendaya ini maka perlu adanya aktivitas dimana klien diberi stimulus yang konsisten terhadap realita disekitarnya. Stimulus tersebut meliputi stimulus tentang realita lingkungandi sekitarnya, orang, waktu, dan tempat.
B.     Tujuan
Tujuan umum   : Klien mampu mengenal tempat, waktu, dan dapat mengenal orang-orang di sekitarnya dengan tepat.
Tujuan khusus
1.  Klien mampu mengenal tempat dimana ia berada.
2.  Klien mampu mengenal waktu dengan tepat
3.  Klien mampu mengenal orang-orang di sekitarnya dengan tepat.
C.    Kegiatan dan indikasi
1.      Kegiatan
Kegiatan TAK terdiri dari 3 sesi pertemuan meliputi :
q  Sesi I   : Pengenalan Orang
q  Sesi II  : Pengenalan Tempat
q  Sesi III : Pengenalan Waktu

SESI   I   TAKS

A.    Tujuan
1.  Klien mampu mengenal nama-nama perawat
2.  Klien mampu mengenal nama-nama klien lain
B.     Setting
Peserta dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
C.    Alat
  1. Name tag sejumlah klien dan perawat yang ikut TAK
  2. Spidol ‘ 70 ‘
  3. Bola tenis
  4. Tape recorder
  5. Kaset  ‘ dangdut’
D.    Metode
  1. Dinamika kelompok
  2. Diskusi dan Tanya jawab
E.     Langkah-langkah kegiatan
1. Persiapan
a.   Memilih klien sesuai indikasi : klien dengan ganguan orientasi realita.
b.  Membuat kontrak dengan klien.
c.   Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan.
2.  Persiapan terapis
a.       Diperlukan 8 perawat
b.      Satu orang leader : Lusiana Sampe, S.Kep
c.       Dua orang Coleader : Amir Syam, S,Kep dan Agnes Madianung, S.Kep
d.      Satu orang observer : Hasdiana,  S.Kep
e.       Tiga orang sebagai fasilitator :
-          Hikmawati, S.Kep
-          Dwi Purnama Putri,  S.Kep
-          Lilyana Susan,  S.Kep
-          Abdul Majid, S.Kep
f.       Melibatkan petugas ruangan
          Rincian tugas
a.       Leader:
q Memimpin perkenalan, menjelaskan tujuan kegiatan
q Menjelaskan proses kegiatan
q Mendemonstrasikan cara memperkenalkan diri pada orang lain.
b.      Coleader : Membatu leader
q Coleader I  : Mengatur musik
q Coleader II  : Menulis apa yang diucapkan klien di papan tulis
c.       Fasilitator
q Mampu memotivasi anggota kelompok  untuk mengeluarkan pendapat
q Mampu memotivasi anggota terlibat dalam kegiatan
q Mampu menjadikan role model
           Rencana Kegiatan
a. Waktu          : Rabu, 26 Januari 2005  jam 09.30-10.15
b. Tempat        : Wisma 9 ‘ Kemuning’
c  Klien            :
q  Nenek Halijah
q  Nenek Yati
q  Nenek Maemunah
q  Nenek Mujiah
q  Nenek Bollo
q  Nenek Seko

Skema Ruang Terapi

























Co L
 


 




L
 

O
 























 









L
 
Keterangan :
Co L
 
            = Leader         
O
 
             = CoLeader                           
             =  Observer                           
              = Fasilitator
             =  Klien

3. Orientasi
a.   Salam terapeutik : terapis mengucapkan salam
b.  Evaluasi/Validasi : terapis menanyakan perasaan klien hari ini
c.   Kontrak :
1). Terapis menjelaskan tujuan kegiatan
2). Terapis menjelaskan aturan main yaitu:
q  Masing-masing klien duduk di tempat masing-masing sampai permainan selesai
q  Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok, harus meminta izin kepada pada pimpinan TAK
q  Kegiatan akan berlangsung selama 45 menit
4. Kerja
a.   Terapis membagikan name tag untuk masing-masing peserta.
b.  Terapis meminta masing-masing peserta menyebutkan nama, nama panggil, status, dan alamatnya.
c.   Terapis meminta masing-masing peserta menuliskan nama panggilan di masing-masing name tag yang dibagikan.
d.  Terapis meminta masing-masing peserta memperkenalkan diri secara berurutan searah jarumjam dimulai dari terapis, meliputi menyebutkan :
q  Nama diri
q  Nama panggilan
q  Alamat
e.   Terapis menjeaskan langkah berikutnya : tape recorder akan dinyalakan, saat musik terdegar bola tennis dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain. Saat musik dihentikan, peserta yang sedang memegang bola tenis menyebutkan nama, nama panggilan, dan alamat dari semua peserta yang lain
f.   Terapis memutar tape recorder dan menghentikan. Saat musik berhenti peserta yang sedang memegang bola tenis menyebutkan nama, nama panggilan, dan alamat peserta yang lain.
g.  Ulangi langkah nomor (6) sampai semua peserta mendapatkan giliran.
h.  Terapis memberikan pujian untuk setiap keberhasilan peserta dengan megajak peserta bertepuk tangan.
5.  Terminasi
a.   Evaluasi :
q  Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
q  Terapis memeberikan pujian atas keberhasilan kelompok
b.  Tindak lanjut:
    Menganjurkan tiap peserta untukmeninkatkan kontak dan interaksi dengan yang lain.
c.   Kontrak yang akan datang :
q  Terapis membuat kesepakatan dengan peserta untuk kegiatan berikutnya yaitu ‘ Mengenal Tempat ‘
q  Terapis membuat kesepakatan dengan peserta tempat dan waktu pelaksanaan TAK
6.  Hasil yang diharapkan
·     Kemampuan verbal
Anggota kelompok mampu memperkenalkan diri : mengucapkan salam, nama lengkap, nama panggilan, dan alamat
·     Komunikasi nonverbal
Kontak mata, duduk tegak, dan bahasa tubuh yang sesuai

F.     Evaluasi dan dokumentasi
Format evaluasi Sesi I Orientasi Realitas : Orientasi Orang

No.

Aspek yang dinilai
Nama klien
Halijah
Yati
Maemunah
Mujiah
Bolo
Seko
1.
Menyebutkan nama klien lain






2
Menyebutkan nama panggilan klien lain






4.
Menyebutkan alamat klien lain






Jumlah







B. Komunikasi Non Verbal

No.

Aspek yang dinilai
Nama klien
Halijah
Yati
Maemuna
Mujiah
Bolo
Seko
1.
Kontak mata






2.
Duduk tegak






3.
Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai






4.
Mengikuti kegiatan mulai dari awal sampai akhir






Jumlah
















           
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar